Selasa, 02 Mei 2017

TIPS MENJADI GURU IDOLA BAGI SISWA



Guruku Idolaku

Sebagai seorang pendidik, menjadi guru yang dijadikan idola bagi siswa merupakan suatu kebanggan tersendiri bagi kita. Sadar atau tanpa sadar, tak jarang kita teringat akan jasa para guru di waktu sekolah dulu. Tanpa jasa mereka, mungkin kita tidak akan menjadi orang yang sukses. Secara tidak langsung, guru tersebut sudah menjadi guru idola bagi kita. Berikut merupakan kiat-kiat agar menjadi guru idola bagi siswa:
1.      Jadilah guru yang profesional, maksudnya menjalankan kinerja secara konsisten sesuai dengan tuntutan keprofesionalan sebagai guru.
2.      Sabar, jika kita menemukan siswa yang berprilaku negatif, hadapilah mereka dengan kesabaran. Jangan sekali-kali menuangkan kemarahan kita kepada siswa tersebut. Karena hal ini akan menimbulkan rasa trauma psikologis bagi siswa.
3.      Senyum, dengan ramah dan selalu tersenyum secara tidak langsung dapat membuat kondisi lingkungan belajar lebih menyenangkan bagi siswa dan pembelajaran tidak bersifat statis.
4.      Tinggalkan segala problem yang ada diluar Sekolah.
5.      Hormati pendapat siswa, hargailah segala pendapat siswa baik yang bersifat positif maupun negatif. Setelah siswa tersebut berpendapat, evaluasilah pendapat mereka di depan kelas, agar siswa lain juga mengetahuinya.
6.      Tunjukan rasa simpati pada siswa.
7.      Jangan memarahi siswa.
8.      Hilangkanlah guru yang otoriter dalam diri anda.
9.      Milikilah jiwa humor dalam diri anda sebagai guru.
10. Tunjukkan bahwa anda memiliki mood yang bagus didepan siswa.
11. Pujilah guru anda didepan siswa.
12. Diwaktu-waktu tertentu, jatuhkan dan pujilah siswa anda agar mental siswa kita terbentuk dan terlatih.
Itulah beberapa tips untuk menjadi guru idola bagi siswa. Semoga tips dari saya dapat bermanfaat. Dan, apabila anda mempunyai tips lain untuk menjadikan guru sebagai idola bagi siswa, silahkan postkan komentar anda pada kolom komentar yang telah tersedia. Salam hangat salam Indonesia ...!!!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar